Desa Rawa Selapan yang " GUMELAR" (Guyup, Ulet, Manut, Eling, Lantip, Aman, Raharjo) Layanan Surat Online Silahkan Minta PIN Pada Operator Desa Agar Bisa Meng Ankses -- selengkapnya...

Artikel

Serah Terima APE PAUD Dalam dan Rak Sepatu

06 Januari 2021 05:29:30  Desa Rawa Selapan  152 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam misi meningkatkan Pendidikan dan Kesehatan (Pelayanan Dasar) Pemerintah Desa Rawa Selapan melalui Kasi Pelayanan Bapak Purwanto menyerahkan APE PAUD Dalam dan Rak Sepatu kepada PAUD yang ada di Desa Rawa Selapan yang dalam hal ini diwakili oleh Bunda Mujiati di Kantor Desa Rawa Selapan, Selasa 5 Januari 2020.

Alat Permainan Edukatif atau yang biasa disingkat APE merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran anak di PAUD. Ketersediaan alat permainan tersebut sangat menunjang terselenggaranya pembelajaran anak secara efektif dan menyenangkan sehingga anak-anak dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya secara optimal.

Adapun Fungsi dari APE PAUD yakni :

1. Menciptakan situasi bermain (belajar) yang menyenangkan bagi anak dalam proses pemberian perangsangan indikator kemampuan anak.

Kegiatan bermain itu ada yang menggunakan alat, ada pula yang tidak menggunakan alat. Khusus dalam permainan yang menggunakan alat, dengan penggunaan alat-alat permainan tersebut anak-anak tampak sangat menikmati kegiatan belajar karena banyak hal yang mereka peroleh melalui kegiatan belajar tersebut.

2. Menumbuhkan rasa percaya diri dan membentuk citra diri anak yang positif.

Dalam suasana yang menyenangkan, anak akan mencoba melakukan berbagai kegiatan yang mereka sukai dengan cara menggali dan menemukan sesuai yang ingin mereka ketahui. Kondisi tersebut sangat mendukung anak dalam mengembangkan rasa percaya diri mereka dalam melakukan kegiatan.

3. Memberikan stimulus dalam pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar.

Pembentukan perilaku melalui pembiasaan dan pengembangan kemampuan dasar merupakan fokus pengembangan pada anak usia dini. Alat permainan edukatif dirancang dan dikembangkan untuk memfasilitasi kedua aspek pengembangan tersebut.

4. Memberikan kesempatan anak bersosialisasi, berkomunikasi dengan teman sebaya.

Alat permainan edukatif berfungsi memfasilitasi anak-anak mengembangkan hubungan yang harmonis dan komunikatif dengan lingkungan di sekitar misalnya dengan teman-teman nya. Ada alat-alat permainan yang dapat digunakan bersama-sama antara satu anak dengan anak yang lain. 

#DesaRawaSelapan #SmartVillage 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Peta Desa

 Aparatur Desa

 Sinergi Program

DESA BERJAYA

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Sri Wijaya No. 07 Desa Rawa Selapan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan
Desa : Rawa Selapan
Kecamatan : Candipuro
Kabupaten : Lampung Selatan
Kodepos : 35356
Telepon :
Email : rawaselapandesa@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:9
    Kemarin:23
    Total Pengunjung:80.932
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.226.251.68
    Browser:Mozilla 5.0