Desa Rawa Selapan yang " GUMELAR" (Guyup, Ulet, Manut, Eling, Lantip, Aman, Raharjo) Layanan Surat Online Silahkan Minta PIN Pada Operator Desa Agar Bisa Meng Ankses -- selengkapnya...

Artikel

Sejarah Desa

24 September 2020 15:38:09  Desa Rawa Selapan  391 Kali Dibaca 

Desa Rawa Selapan merupakan salah satu dari 14 Desa yang berada di Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. Desa Rawa Selapan didirikan padat ahun 1969 yang ditandai dengan  diadakannya Selamatan. Selametan ini dilakukan oleh perintis pertama pada saat itu, yang dipimpin oleh Bapak NASA’AN selaku kepala Susupan yang juga diikuti oleh kepala-kepala Susupan yang lainnya,diantaranya : Bapak Mustaja, Bapak HadiSuparto, Bapak Ali Mursad, Bapak Marto,Bapak Irsam, Bapak Sidik dan masih banyak lagi yang lainya.Para perintis tersebut mengadakan selamatan di Kedung Pule pada hariKamismalamJum’atKliwontanggal 1 Muharam / SuroTahun 1969 dengancaramenyembelih hewan  Kambing dan menyepakati nama pada wilayah yang baru dibuka tersebut dengan nama RAWA SELAPAN yang diilhami dari adanya rawa yang nyelap diantara dua daratan. Maka sejak saat itulah diputuskan bahwa setiap tanggal 1 Muharam / Suro diperingati sebagai hari kelahiran RawaSelapan.

Rawa Selapan terus mengalami perkembangan dengan datangnya sejumlah rombongan berikutnya dibawah pimpinan Bapak WIRYO SUMARTO,Bapak PUJO SUMADIO,Bapak DARPO,Bapak MARTASAN, Bapak DANOM,Bapak SANDI dan lain-lain

Desa Rawa Selapan awalnya merupakan suatu wilayah dengan hutan Register 35 Way Katibung milik Dinas Kehutanan. Pada awal tahun 1972 Jawatan Transmigrasi Kasi Sidomulyo mengadakan Survey atau Penelitian ke kawasan Rawa Selapan dengan didampingi oleh Bapak Abbas,Bapak Pujo Sumadio dan Bapak Darto Gautomo dan setelah melalui beberapa proses panjang akhirnya pada tahun 1974 Jawatan Tansmigrasi dan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung mengadakan pengukuran batas dan luas wilayah sekaligus memberikan ijin bagi wilayah Rawa Selapan sebagai pemukiman melalui Surat Nomor Follow Up 01/ DK/1974 yang dikeluarkan melalui Kepala Bagian Perencanaan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung.

Dalam bidang Administrasi Pemerintahan Rawa Selapan dimulai pada tanggal 13 April 1974 dengan ditetapkannya Dusun Rawa Selapan dengan Kepala Dusun nya yakni Bapak  Wiryo Sumarto,bernaung dibawah Desa Titiwangi dengan Kepala Desa Bapak Hadi Suparto. Sehingga sejak saat itulah Dusun Rawa Selapan resmi berada dibawah Desa Titiwangi.

Dalam perjalanannya,Dusun Rawa Selapan berkembang dengan pesat sehingga pada tahun 1986 Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan meresmikan Dusun Rawa Selapan menjadi Desa yang terpisah  dari Desa induk Titiwangi dengan Status sebagai Desa Persiapan dan mengangkat Bapak Wiryo Sumarto sebagai PLH Kepala Desa dengan wilayah seluas 1.200 Ha  meliputi  5 Dusun di antaranya:

  • Dusun 1 dengan sebutan Lalang 1
  • Dusun 2 dengan sebutan Jemakir
  • Dusun 3 dengan sebutan Lalang 1 dan Lalang 2
  • Dusun 4 dengan sebutan Rawa Gareng
  • Dusun 5 dengan sebutan Pulau Bambu

Dalam perkembangannnya, Desa Persiapan Rawa Selapan sekalipun masih baru namun bisa berkembang dengan pesat dan mampu mensejajarkan diri dengan desa desa lain terbukti dengan diraihnya beberapa penghargaan baik itu tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Pusat. Sehingga pada tahun 1991 Dusun Rawa Selapan resmi menjadi sebuah Desa yang Definitif dengan mengangkat Bapak Wiryo Sumarto sebagai Kepala Desa Pertama

Pada tahun 1993 untuk pertama kalinya Desa Rawa Selapan mengadakan Pemilihan Kepala Desa yang diikuti oleh 4 orang Calon dan terpilihlah Bapak Mulyadi D.S yang kemudian menjadi kepala desa kedua.Pada saat itulah Desa Rawa Selapan mencapai Puncak prestasi. Dimana pada tahun 1994 Desa Rawa Selapan mewakili Provinsi Lampung dalam Lomba Desa tingkat Nasional.

Pemilihan Kepala Desa berikutnya dilaksanakan pada tahun 2003 dengan terpilih dan dilantiknya Bapak  Muklas Mujad Santawiharja sebagai Kepala Desa ketiga. Namun sebelum habis masa jabatannya, pada tahun 2006 Bapak Muklas Mujad menghadap Tuhan yang Maha Kuasa sehingga Pemerintahan pada masa itu dipimpin oleh Bapak Y.Sunaryo sebagai Pjs.Kepala Desa, sampai akhirnya pada tahun 2007 diadakan kembali Pemilihan Kepala Desa dan terpilihlah Bapak Teguh Sucipto sebagai Kepala Desa yang keempat.

Dibawah Kepemimpinan Bapak Teguh Sucipto, Desa Rawa Selapan kembali mendulang prestasi, dengan mewakilinya Provinsi Lampung mengikuti Lomba Kesatuan Gerak PKK dan Posyandu Tingkat Nasional. Yang kemudian berhasil menjadi Juara Harapan kedua Tingkat Nasional.                        

Masa pemerintahan berikutnya kembali dijabat oleh Bapak Teguh Sucipto setelah sebelumnya dipimpin sementara oleh Pjs Kepala Desa Bapak YayanSugianto. Namun pemerintahan Bapak Teguh Sucipto diperiode kedua hanya berlangsung 2 tahun yang kemudian dilanjutkan oleh Bapak Sujarno hingga tahun 2019.

Pada masa pemerintahan Bapak Sujarno ini, Desa Rawa Selapan kembali mendulang sebuah prestasi. Yakni dengan berhasilnya meraih Juara ke 2 Lomba desa Tingkat Provinsi Lampung.

Demikianlah sekelumit catatan sejarah Desa Rawa Selapan yang dapat kami himpun dari berbagai narasumber dan pelaku sejarah, diantaranya Bapak Darto Gautomo, Bapak Hadi Suparto, dll

Mudah-mudahan dengan adanya sejarah desa rawa selapan ini bisa menjadi motivasi bagi  kita segenap  warga desa Rawa Selapan Khususnya Generasi muda untuk tetap mencintai desa Rawa Selapan sekaligus mengabdi demi kemajuan dan kesejahteraan desa Rawa Selapan.            

Kami mohon maaf apabila dalam penulisan sejarah ini terdapat kekeliruan sekaligus tidak dapat menyebutkan semua nama nama tokoh atau perintis yang dahulu ikut berperan aktif mendirikan Desa Rawa Selapan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Desa

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

DESA BERJAYA

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Sri Wijaya No. 07 Desa Rawa Selapan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan
Desa : Rawa Selapan
Kecamatan : Candipuro
Kabupaten : Lampung Selatan
Kodepos : 35356
Telepon :
Email : rawaselapandesa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:21
    Kemarin:59
    Total Pengunjung:11.133
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.92.28.52
    Browser:Tidak ditemukan